Direktorat Kewaspadaan Nasional dan Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan PUM Kemendagri mendapatkan penilaian tinggi, meraih Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) dengan nilai rata-rata 90,47 atau Zona Hijau sehingga Kemendagri menjadi Top 4 di tingkat Kementerian.
“Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan dedikasi tim yang kuat tetapi juga menegaskan bahwa Kemendagri terus meningkatkan standar pelayanan publik sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” kata Kepala Keasistenan Manajemen Pengetahuan dan Penilaian Kepatuhan Keasistenan Utama Manajemen Pencegahan Maladministrasi Ombudsman Aat Sugihartati.
Kemudian Aat yang mewakili Ketua Ombudsman menjelaskan penyerahan piagam kepatuhan pelayanan publik merupakan bagian dari fungsi pengawasan yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dan mencegah maladministrasi.
Dia mencatat bahwa Kemendagri telah menunjukkan peningkatan nilai yang konsisten selama 3 Tahun berturut-turut, mencapai kualitas tertinggi dalam kategori Zona Hijau.
BACA JUGA : Mendagri Imbau Kepala Daerah Percepat Regulasi Terkait THR dan Gaji ke-13
“Meskipun secara nasional belum diberikan piagam penghargaan, namun, atas koordinasi yang cepat dan hasil yang positif, Kemendagri telah menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas dalam memperbaiki pelayanan publik”. kutip Aat Sugihartati.
Selain itu, Sugihartati menyampaikan harapan bahwa Kemendagri dapat terus meningkatkan nilai dan bahkan memperoleh posisi 1 (pertama) di tingkat Kementerian pada tahun 2024.
“Dengan kerjasama antara Ombudsman dan lembaga pemerintah seperti Kemendagri, diharapkan dapat tercipta peningkatan yang berkelanjutan dalam kualitas dan aksesibilitas pelayanan publik di Indonesia,” kata Aat.
Eksplorasi konten lain dari Radar Nusantara
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.
Satu Komentar